Blog Ilmiah - Ringkasan Prinsip - Prinsip Dasar Desain Grafis

 

Ringkasan Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis

Pengantar Animasi & Desain Grafis

 



 

Disusun oleh :

Dinda Anasta Sabillaa

12118002

3KA22

 

  

UNIVERSITAS GUNADARMA

ATA 2020/2021


A. Pengertian Poster 

Definisi poster menurut Susilana dan Riyana(2009:14) adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Menurut Isanto (dalam Limah, dkk, 2018:37), poster adalah gambar pada selembar kertas sebagai salah satu alat untuk menyampaikan sebuah pesan yang ditempel atau digantung pada tembok. Poster terdiri dari kesatuan gambar (visual) dan tulisan (verbal) yang menghasilkan efek sederhana, komunikatif, dan estetik. Poster yang digunakan pada ringkasan desain grafis diambil dari https://id.pinterest.com/ dengan spesifik link poster, berupa: https://id.pinterest.com/pin/91760911128822418/.



B.  Prinsip Desain Grafis 

Prinsip desain grafis yang diterapkan kedalam poster tersebut, sebagai berikut:

1.      Keseimbangan (balanced)

Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Keseimbangan dibagi menjadi dua, yaitu keseimbangan formal dan informal.

Pada kasus poster diatas, keseimbangan yang diterapkan merupakan keseimbangan informal. Keseimbangan informal adalah keseimbangan yang tersusun atas unsur-unsur yang berbeda antara kiri dan kanan namun dari komposisinya terasa seimbang. Keseimbangan informal terdiri dari, perbedaan ukuran, bentuk, warna, isi, posisi, tekstur, dan arah mata.

Alasan poster diatas menerapkan keseimbangan informal karena terdapat elemen segitiga yang ditempatkan secara acak atau tidak ada pola tertentu yang diterapkan. Pada beberapa bagian, elemen segitiga terlihat seperti berkumpul di suatu bagian dan secara tidak langsung membentuk sebuah pohon. Jika dilihat lebih teliti lagi, elemen segitiga terlihat seperti mengelilingi tulisan “TREE SCOUT” yang letaknya tepat ditengah. Titik fokus yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung adalah tulisan “TREE SCOUT” karena letaknya ditengah dan memikat mata pengunjung lalu diikuti dengan elemen segitiga yang membentuk sebuah pohon.

2.      Kesebandingan (proportion)

Kesebandingan adalah perbandingan ukuran yang digunakan untuk menentukan perbandingan yang dianggap tepat antara panjang dan lebar antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan unsur secara keseluruhan.

Alasan diterapkannya proportion pada poster diatas dikarenakan terdapat perbedaan ukuran pada elemen segitiga. Dimulai dari ukuran elemen segitiga yang besar sampai dengan ukuran elemen segitiga yang sangat kecil. Perbedaan lain yang terdapat pada poster adalah ukuran garis yang terdapat dibagian bawah tepi kanan dan kiri dan ukuran tulisan. Pada garis, polanya sama seperti segitiga, yaitu ukuran dimulai dari tebal sampai tipis sedangkan perbedaan pada tulisan “TREE SCOUT” terletak pada huruf “TRE” bagian bawah yang ukuranya lebih kecil dari pada huruf “E SCOUT” pada bagian atas.

Perbedaan ukuran seperti pada gambar 1 dan gambar 2 dibawah ini:


Gambar 1. Perbedaan ukuran garis persegi panjang.

Jika dibandingkan, gambar 1 dan gambar 2 dibawah ini, terlihat sekali perbedaan garis persegi panjang disebelah kiri, ukuran pada gambar 2 lebih tipis dibandingkan pada gambar 1.


Gambar 2. Ukuran garis persegi panjang sebelah kiri.

3.      Kontras (contrast)

Kontras adalah perbedaan yang mencolok pada beberapa unsur tata letak dan penggunaan warna.

Alasan prinsip kontras diterapkan pada poster adalah penggunaan warna yang berbeda, yaitu perpaduan warna yang menarik perhatian dan terlihat soft. Selain perpaduan warna, terdapat beberapa bagian elemen yang terlihat seperti tumpeng tindih, dimana hal tersebut sangat menarik dan poster terkesan 3D sehingga pengunjung yang melihat poster tersebut tidak jenuh karena setiap elemen disusun secara rapih dan memiliki nilai point keunikan tersendiri agar pengunjung tertarik untuk melihatnya dalam jangka waktu yang lama.  


Referensi:

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra. (2020). ANALISIS KARYA POSTER BERDASARKAN UNITY, LAYOUT, TIPOGRAFI, DAN WARNA. Jurnal Seni Rupa, 122.

Kuswaanto, H. (2017). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT.FIF Group berdasarkan Buku "The Principle of Beautifull Website Design (2md Edition) By Jason Beaird". Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2-3.

SMK NEGERI 1 SUKOREJO. (n.d.). Retrieved from https://smkn1sukorejo.sch.id: https://smkn1sukorejo.sch.id/wp-content/uploads/2020/08/3.3-PRINSIP-PRINSIP-TATA-LETAK.pdf

 

Comments